Penggunaan Kabel dalam Jaringan

Ada beberapa tipe (jenis) kabel yang banyak digunakan dan menjadi standar dalam penggunaan untuk komunikasi data dalam jaringan komputer. Kabel-kabel ini sebelumnya harus lulus uji kelayakan sebelum dipasarkan dan digunakan.

Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasinya yang berbeda, oleh karena itu dibuatlah pengenalan tipe kabel. Ada dua jenis kabel yang dikenal secara umum dan sering dipakai untuk LAN, yaitu coaxial dan twisted pair.


Perlu diingat bahwa hampir 85% kegagalan yang terjadi pada jaringan komputer disebabkan karena adanya kesalahan, yaitu :
1. Media komunikasi yang digunakan termasuk kabel dan konektor.
2. kualitas pemasangannya.
3. Kegagalan lainnya bisa disebabkan faktor teknis dan kondisi sekitar.


Coaxial Cable
Dikenal dua jenis tipe kabel koaksial yang dipergunakan buat jaringan komputer, yaitu:
thick coax (mempunyai diameter lumayan besar) dan
thin coax (mempunyai diameter lebih kecil).

Twisted Pair Cable
Selain kabel koaksial, Ethernet juga dapat menggunakan jenis kabel lain yakni UTP (Unshielded Twisted Pair) dan Shielded Twisted Pair (STP). Kabel UTP atau STP yang biasa digunakan adalah kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel yang terpilin.

Pemasangan ?
1. Straight Through Cable
Untuk pemasangan jenis ini, biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa unit komputer melalui perantara HUB / Switch yang berfungsi sebagai konsentrator maupun repeater.
Penggunaan kabel UTP model straight through pada jaringan lokal biasanya akanme mbentuk topologi star (bintang) atau tree (pohon) dengan HUB/switch sebagai pusatnya. Jika sebuah HUB/switch tidak berfungsi, maka seluruh komputer yang terhubung dengan HUB tersebut tidak dapat saling berhubungan.
Penggunaan Straight Through Cable :
o PC  Hub
o PC  Switch
o Hub  Hub
o Switch  Router

2. Cross Over Cable
Berbeda dengan pemasangan kabel lurus (straight through), penggunaan kabel menyilang ini digunakan untuk komunikasi antar komputer (langsung tanpa HUB).
Penggunaan Cross Over Cable
o PC  PC
o Switch  Swicth
o Switch  Hub

3. Roll Over Cable
Pada sistem CISCO, ada satu cara lain pemasangan kabel UTP, yang digunakan untuk menghubungkan sebuah terminal (PC) dan modem ke console Cisco Router atau console switch managible, cara ini disebut dengan Roll-Over.
Penggunaan kabel rolover
o PC  console router
o PC  console switch managible
o Router  modem

0 Response to "Penggunaan Kabel dalam Jaringan"

Post a Comment

leave your best comment for this post. thankyou ...