Basic Hardware Component

Melanjutkan potingan sebelumnya mengenai jaringan, kami akan menuliskan komponen hardware umum yang biasa digunakan dalam membentuk suatu jaringan beserta fungsi dan kegunaannya.. Simak yang berikut ini ya...

1. NIC (Network Interface Card/ Lan Card).
Cara kerja Ethernet Card berdasarkan broadcast network yaitu setiap node dalam suatu jaringan menerima setiap transmisi data yang dikirim oleh suatu node yang lain. Setiap Ethernet card mempunyai alamat sepanjang 48 bit yang dikenal sebagai Ethernet address (MAC Address). Alamat tersebut telah ditanam ke dalam setiap rangkaian kartu jaringan (NIC) yang dikenali sebagai ‘Media Access Control’ (MAC) atau lebih dikenali dengan istilah ‘hardware address’. 24 bit atau 3 byte awal merupakan kode yang telah ditentukan oleh IEEE.

LAN CARD




2. Repeater.
Fungsi utama repeater yaitu untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen kabel LAN lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain.  Dengan cara ini jarak antara kabel dapat diperjauh.
REPEATER



3. Bridge.
Fungsi dari bridge itu sama dengan fungsi repeater tapi bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas dari pada repeater. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. Misalnya bridge dapat menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband. Bridges juga dapat digunakan untuk mengkoneksi network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula. Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masing sisi jaringan


4. HUB dan SWITCH.
Sebuah konsentrator (Hub atau switch) adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lain.
Perbedaan dari HUB dan SWITCH terletak pada pengiriman data paket, jika menggunakan HUB pada waktu mengirimkan paket maka semua komputer yang terhubung akan dikirimin (Broadcast) paket. Lain halnya dengan SWITCH.
HUB / SWITCH
5. Router
Sebuah Router mampu mengirimkan data/informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang berbeda, router hampir sama dengan bridge, meski tidak lebih pintar dibandingkan bridge.

0 Response to "Basic Hardware Component"

Post a Comment

leave your best comment for this post. thankyou ...